Sabtu, 15 April 2017

cerita tentang plastisin


Benda lentur ini termasuk benda ajaib menurut saya, selain bentuknya yang halus, kenyal dan bisa dibentuk apapun, anak-anak paling demen banget sama benda ini. saya biasanya menyebut ini plastisin/lilin/playdogh/ entahlah apa namanya pokonya ini tu alat ajaib yang bisa membuat anak-anak fokus berjam-jam.
Plastisin biasanya saya gunakan saat dikelas sebagai kegiatan pengaman, misalnya ada anak yang selse mengerjakan tugas duluan. Dari pada lari-larian kesana-kemari cukup diberikan plastisin, anteng deh anak-anak.
Bukan hanya sebagai kegiatan pengaman, ini juga bahan ajaib untuk mengenalkan anak angka dan huruf, anak paling demen deh bila disuruh membuat bentuk aneh-aneh dari plastisin.
Biasanya saya meminta anak membuat huruf atau angka sesuai dengan pembelajaran hari itu si... biasanya cepet paham dibanding suruh nulis huruf pakai pensil....
Plastisin juga permainnan jitu untuk mengembangkan imajinasi anak, biasanya saya meminta anak-anak untuk membuat apapun yang mereka sukai, alhasil pas ditanya, muncullah tuh berbagai macam cerita ajaib yang keluar dari pemikiran mereka, misalnya nama-nama tokoh robot, nama makanan kesukaan, nama-nama keluarga, dan berbagai macam cerita. Disitu kita sebagai guru bakal langsung bisa tau mana anak yang mempunyai bakat bercerita dan anak yang sudah bisa menceritakan suatu hal dengan runtut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar